Selasa, 20 Agustus 2013

Hidayah Allah Kepada Seorang Petinju

Assalamualaikum Wr. Wb


              Subahanlloh walhamdulilah walaillahallaloh wallohuakbar. “Sesungguhnya orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baiknya makhluk.” (QS. Al Bayyinah, 98:7). Namanya adalah sebuah legenda dalam adu jotos. Ia tak sekedar petinju yang baik, tapi juga seorang entertainment, penghibur sejati. Setiap kali manggung dalam pertarunganya, stadion pertunjukan tak meninggalkan kursi sisa. Berjuta-juta pasang mata menatap
aksinya tak mengedipkan kelopak matanya. Tak lain dan tak bukan petinju itu, bernama Muhammad Ali.
            Lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay di Lousville, Kentucky pada 17 Januari 1942. Sejak kecil, Clay memang dikenal sebagai anak yang badung, tentunya pembaca sudah tau apa itu badung kan?? Badung adalah kata lain dari bandel. Pada saat kecil Clay yang sedang adu jotos terpaksa memisahkan Clay, Odessa adalah ibu Clay. Odessa memisahkan Clay karena dia selalu beradu jotos dengan adik kandungnya sendiri yaitu Rudolph. Kalau sudah begitu mereka berdua akan menerima hukuman dari Cassius yaitu abi mereka. Tapi meski begitu mereka berdua adalah dua saudara yang badungnya nggak ketulungan, keduanya adalah anak-anak yang baik. Clay dan adiknya tidak pernah benar-benar bermusuhan. Sebaliknya mereka sangat kompak. Dari hobinya yang suka berantem inilah karir tinjunya berawal. Gara-garanya sederhana mengapa karirnya berada di tinju.
            Clay pun masuk islam, dan dakwah-dakwah yang ia serukan bisa dibuktikan keberhasilannya. Adiknya, yang patner adu jotos ketika kecil berhasil diislamkan oleh Clay. Rudolph pun akhirnya berganti nama menjadi Rahman Muhammad. Kelak ia menjadi salah seorang kepercayaan dan tangan kanan pejuang Islam kulit hitam Malclom X.
            Di kemudian hari, Presiden Amerika Bill Clinton, mengungkapkan bahwa Ali (nama Clay setelah islam) salah satu kebanggaan Amerika. “Ali telah memberikan bukyi pada kami, apapun warna kulitmu, apapun agamamu, kau teteap bisa berbangga pada dirimu”, kata Clinton.
            Muhmmad Ali memang benar-benar legenda. Seorang bintang sejarah yang belum tentu sekali seratuh ahun dilahirkan oleh dunia. Tak kurang bukti yang membuktikan bahwa Ali memang benar-benar sebuah legenda. Salah satunya adalah garga jubah yang ia pakai saat melawan Geoge Foreman yang berhasil dillang mencapai harga 156.500 dolar Amerika atau setara nilainya dengan 15.565.000.000 rupiah. Pelelangan yag berlangsung di sebuah rumah Beverly Hills yak hanya melelang jubah saja. Tak kurang dari 3000 jenis barang Ali di lelang di sana.
            “Saya tak hanya mengagumi Ali sebagai petinju, saya mengagumi juga keberanian dan keteguhannya”, kata salah satu seorang pembeli. “Ali telah memberi saya inspirasi dan menyentuh kehidupan segala lapisan masyarakat, tas dan agama, saya pengagum berat Ali “, lanjutnya dengan semangat.
            Ternyata dari sekian banyak barang Ali yang dujual, tak sepeser Ali mengeruk keuntungan dari pelelangan itu. Semua akan disumbangkan untuk kepentingan sosial dan kemasyarakatan.
            Subahanlloh untuk teman-teman pembaca sekali lagi kalian mendapat bacaan dari saya dan kali ini saya memaparkan dan mengajak kita untuk selalu mengingat Allah yaa Aza Wazala... teman teman sekalian, kita di dunia ini hanya sementara, apa yang kita banggakan di dunia ini??? Istri, rumah, perusahaan-perusahaan, anak, orangtua, dan lain-lain. Perlu kita sadari yaa ahlul jannah kalau itu semua bukan milik kita, DIAlah yang memiliki ini semua, dia akan memanggilnya nanti kalau sudah waktunya. Saudaraku kita harus mengingat Rabb kita dimanapun dan kapanpun kita berada, yakinlah dia akan selalu mengingat kalian. Kita harus banyak mengumpulkan pundi-pundi kebaikan yang disenangi oleh Allah yaa aza wazala. Tidak ada yang dapat menentukan dan mengetahui bahwa kalau besok, atau sejam kedepan, sedetik sekalipun kita masih hidup, subahalloh Muhammad Ali sebelum akhir hayatya sudah berada di jalan yang indah ya itu di Jalan Allah yang luar biasanya kita cinta ini. Kejarlah akhirat maka kau akan mendapatkan dunia, kalau kau mengejar dunia, dunia tidak dapat dan akhirat jauh dari yang di idam-idamkan semua orang. Tak ada gading yang tak retak, mungkin masih banyak kekurangan dari blok saya ini, kurang lebihnya saya ucapkan untuk koreksi-koreksi mengenai blok saya ini. Terimakasih atas waktunya telah membaca blok saya yang sederhana ini.
Wassalamu alaikum




Tidak ada komentar: